10 Tips Cara Menata Ruangan yang Sempit Agar Terlihat Luas

Bagaimana sih cara menata ruangan yang sempit agar kelihatan luas? Ketika memiliki ruangan yang sempit, seringkali tantangan terbesar yang dihadapi adalah bagaimana membuatnya terlihat lebih luas dan terasa nyaman. Meskipun ukurannya terbatas, dengan beberapa trik dan penataan yang cerdas, Anda dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih besar dan terbuka. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 tips cara menata ruangan yang sempit agar terlihat luas, yang dapat menjadi panduan bagi Anda dalam mendesain ruang terbatas menjadi tempat yang nyaman dan fungsional.

Tips Cara Menata Ruangan yang Sempit 

Ada beberapa cara menata ruangan yang sempit agar kelihatan luas. Ini sangat penting bagi Anda yang memiliki rumah sempit tapi ingin menciptakan kesan luas dan lapang.

1. Pilih Skema Warna yang Terang

Warna-warna terang seperti putih, krem, dan abu-abu terang memiliki kemampuan untuk mencerminkan cahaya, sehingga memberikan ilusi ruangan yang lebih luas dan terbuka. Hindari warna gelap yang dapat membuat ruangan terlihat lebih kecil dan terasa sesak.

2. Manfaatkan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik dapat membantu menciptakan atmosfer ruangan yang terang dan menyenangkan. Gunakan lampu-lampu yang terang dan letakkan mereka secara strategis untuk menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan. Selain itu, manfaatkan juga cahaya alami sebanyak mungkin dengan memperbanyak jendela dan memastikan tirai atau gorden tidak terlalu tebal.

3. Pilih Furnitur yang Proporsional

Furnitur yang terlalu besar akan membuat ruangan terasa sesak dan sempit. Pilihlah furnitur yang proporsional dengan ukuran ruangan Anda. Gunakan furnitur multifungsi atau furnitur dengan desain yang ringan dan transparan untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

4. Bersihkan Ruangan Secara Teratur

Kebersihan dan keteraturan ruangan sangat berpengaruh pada kesan luas dan nyaman. Pastikan ruangan selalu dalam keadaan bersih dan teratur. Hindari menumpuk barang-barang yang tidak perlu dan selalu sediakan tempat penyimpanan yang efisien untuk menjaga kerapihan ruangan.

5. Manfaatkan Cermin

Cermin merupakan salah satu alat terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan ilusi ruang agar terlihat lebih besar. Letakkan cermin di tempat strategis agar bisa memantulkan cahaya sehingga menciptakan kedalaman visual. Cermin juga dapat memberikan efek visual yang memperluas ruangan.

6. Pilih Aksesori dengan Ukuran yang Proporsional

Pemilihan aksesori seperti karpet, lukisan, dan dekorasi lainnya juga harus memperhatikan proporsi ruangan. Hindari penggunaan aksesori yang terlalu besar atau terlalu banyak sehingga tidak mengganggu ruang gerak dan memberikan kesan ruangan yang sesak.

7. Gunakan Pintu Geser atau Pintu Transparan

Pintu geser atau pintu transparan adalah pilihan yang baik untuk ruangan yang sempit karena tidak memerlukan ruang ekstra untuk membuka dan menutup. Selain itu, pintu transparan juga memungkinkan cahaya untuk masuk ke ruangan dengan lebih baik, menciptakan kesan ruangan yang lebih terang dan terbuka.

8. Hindari Penggunaan Perabotan Terlalu Banyak

Ruangan akan terasa sesak jika Anda terlalu banyak menggunakan perabotan yang tidak perlu. Hindari menempatkan terlalu banyak perabotan di ruangan yang sempit. Pilihlah perabotan yang benar-benar diperlukan dan pastikan setiap perabotan memiliki fungsi yang jelas dalam ruangan.

9. Pilih Pola yang Sederhana dan Minimalis

Pola-pola yang terlalu ramai dan kompleks dapat membuat ruangan terlihat lebih kecil dan berantakan. Pilihlah pola yang sederhana dan minimalis untuk dinding, lantai, dan tekstil di ruangan Anda. Pola yang minimalis akan menciptakan kesan ruang yang lebih terbuka dan rapi.

10. Manfaatkan Ruang Vertikal

Seringkali, ruang vertikal tidak dimanfaatkan secara optimal dalam ruangan yang sempit. Manfaatkan ruang vertikal dengan menambahkan rak-rak dinding, penyimpanan gantung, atau hiasan dinding untuk menyimpan barang-barang atau menampilkan dekorasi. Dengan memanfaatkan ruang vertikal, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan ruang secara efisien tanpa mengorbankan luas lantai.

Demikian beberapa tips cara menata ruangan yang sempit agar kelihatan luas. Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat mengubah ruangan yang sempit menjadi ruang yang lebih luas dan nyaman untuk ditinggali. Penting untuk memperhatikan setiap detail dalam proses penataan ruangan sehingga Anda dapat menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan fungsional sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Dapatkan informasi terbaru seputar info launching, dan penjualan properti di kawasan Gading Serpong, Alam Sutera, BSD City, dll serta update terbaru seputar rumah baru Gading Serpong, buat Anda yang sedang mencari properti hunian dan properti komersial di kawasan ini. 

Baca Juga: Sebelum Cat Tembok Pakai Apa? Ini Penjelasannya!