Inilah Biaya Badal Haji Untuk Orang yang Sudah Meninggal Terbaru Tahun 2023

Berapa biaya badal haji untuk orang yang sudah meninggal saat ini? Apakah Anda sedang mencari informasi soal itu? Teruslah membaca. Karena sebentar lagi Anda akan segera mengetahuinya. Kita akan membahas topik tentang itu. Tapi sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa badal haji adalah kegiatan menghajikan orang lain yang belum berhaji tapi tidak memungkinkan untuk melakukan haji karena berbagai kendala fisik atau uzur, atau telah meninggal.

Di sini saya juga akan memberikan informasi terbaru soal biaya badal haji untuk orang yang sudah meninggal, sehingga bisa menjadi pedoman buat Anda. Tapi sebelum itu, ketahui pula cara daftar haji buat Anda yang ada rencana berangkat haji dalam waktu dekat.

Biaya Badal Haji Untuk Orang yang Sudah Meninggal Saat Ini

Sebelum kita membahas soal berapa biaya badal haji untuk orang yang sudah meninggal hari ini, pahami dulu, ya, perbedaan umroh dan haji agar Anda tidak bingung ketika ketika membahas salah satu dari istilah tersebut.

Kita kembali ke topik badal haji.

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap Muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Namun, bagi sebagian orang yang sudah lanjut usia atau mengalami udzur, menjalankan haji bisa menjadi tantangan yang tidak mungkin diatasi. 

Oleh karena itu, muncul konsep “Badal Haji,” sebuah praktik yang memungkinkan seseorang menggantikan ibadah haji untuk orang yang sudah tidak mampu melakukannya sendiri, baik karena faktor usia atau uzur, seperti sakit yang tak ada harapan sembuh.

Hukum Badal Haji dalam Islam

Hukum badal haji dalam Islam memiliki dasar-dasar yang kuat dalam sejumlah hadis, termasuk hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang mengisahkan seorang perempuan yang bertanya kepada Rasulullah tentang ayahnya yang sudah renta dan tidak mampu lagi menjalankan ibadah haji. Dan waktu itu Rasulullah menjawab bahwa perempuan itu boleh mengerjakan haji atas nama ayahnya yang sudah renta itu. Hadis ini telah menjadi dalil utama bagi orang untuk mengerjakan badal haji.

Hadis lainnya, seperti yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah, mengisahkan seorang lelaki yang berkata bahwa dia berkunjung ke Mekah dan mendengar seseorang berdoa dengan menyebut nama Syubrumah. Rasulullah pun memberikan petunjuk bahwa lelaki tersebut harus menjalankan haji untuk dirinya sendiri dan kemudian menjalankan haji juga untuk Syubrumah.

Syarat Badal Haji Menurut Mazhab

Terdapat perbedaan pendapat di antara mazhab-mazhab dalam hal syarat badal haji. Menurut Mazhab Syafi’i dan Hanbali, syarat badal haji adalah orang yang melaksanakan badal harus sudah pernah menjalankan ibadah haji terlebih dahulu untuk dirinya sendiri. Sementara itu, menurut Mazhab Hanafi dan Maliki, badal haji bisa dilakukan oleh orang yang belum pernah haji, meskipun tindakan ini dianggap sebagai dosa karena belum menjalankan haji untuk diri sendiri.

Tata Cara Pelaksanaan Badal Haji

Pengerjaan badal haji ini tidak ada bedanya dengan pengerjaan ibadah haji untuk diri sendiri. Proses ini mencakup langkah-langkah seperti ihram, wukuf di Arafah, tawaf di Ka’bah, sa’i pada Shafa dan Marwa, hingga tahallul atau cukur rambut. Perbedaannya terletak pada niat, di mana peserta badal harus mengucapkan niat khusus untuk menjalankan haji atas nama orang yang tidak mampu melakukannya.

Dalam konteks badal haji yang diselenggarakan oleh pemerintah, seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 14 Tahun 2012, peran negara dapat disamakan dengan peran ahli waris. Negara berkewajiban menghajikan atau membiayai haji untuk mereka yang sudah wafat dan wajib dibadalhajikan.

Total Biaya Badal Haji untuk Orang yang Sudah Meninggal Saat Ini

Bagian yang tak kalah pentingnya adalah membahas soal biaya badal haji untuk orang yang sudah meninggal. Untuk saat ini, biaya untuk badal haji ini relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya haji reguler. Dengan biaya sekitar Rp 7 juta hingga Rp 16 juta, Anda sudah bisa menjalankan ibadah haji atas nama orang yang sudah meninggal atau badal haji.

Biaya badal haji tersebut sudah mencakup berbagai aspek, termasuk transportasi, akomodasi, dan pemenuhan kebutuhan selama pelaksanaan ibadah. Oleh karena itu, keluarga yang berkeinginan menjalankan badal haji perlu memilih paket badal haji yang sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhan mereka. Baca ulasan kami tentang apa itu haji plus jika ingin mengetahui badal haji dan beberapa informasi soal haji khusus. 

Pentingnya Badal Haji dalam Islam

Badal haji menjadi solusi bagi umat Islam yang tidak dapat menjalankan ibadah haji sendiri karena alasan uzur. Selain memenuhi kewajiban agama, badal haji juga mencerminkan semangat saling tolong-menolong dan rasa persaudaraan di antara sesama Muslim. Rasulullah sendiri memberikan petunjuk kepada umatnya untuk menjalankan haji atas nama orang lain yang tidak mampu melakukannya.

Penutup

Badal haji adalah bukti nyata dari semangat kemanusiaan dan kesetiakawanan dalam Islam. Praktik ini mengajarkan kita untuk peduli terhadap sesama Muslim yang tidak mampu menjalankan ibadah haji. Dengan melibatkan diri dalam badal haji, umat Islam dapat merasakan keberkahan dan keutamaan dalam membantu saudara seiman yang sudah tiada. Sehingga, badal haji bukan hanya sekadar ibadah, tetapi juga wujud dari nilai-nilai kemanusiaan yang tercermin dalam ajaran Islam.

Sekian, semoga ulasan mengenai biaya badal haji untuk orang yang sudah meninggal ini bisa menjadi acuan bagi Anda yang ada rencana untuk melaksanakannya. Wassalam.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Wisata Candi Borobudur Februari 2023